Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas 3 Pengantar Statistik Sosial - Ut


Tugas 3 Pengantar Statistik Sosial - Ut

Data nilai UAS pengantar statistik sosial untuk 10 mahasiswa ILMU PEMERINTAHAN YAITU:65,78,89,88,79,92,66,81,92,90.Dan tentukan nilai Median,Mean,Modua!!

Daftar Isi

1. Data nilai UAS pengantar statistik sosial untuk 10 mahasiswa ILMU PEMERINTAHAN YAITU:65,78,89,88,79,92,66,81,92,90.Dan tentukan nilai Median,Mean,Modua!!


Jawaban:

65,78,89,88,79,92,66,81,92,90

diurutkan dari yang paling kecil

= 65,66,78,79,81,88,89,90,92,92

• Modus (angka yang sering muncul)

= 92

• Median (nilai tengah)

= 81 + 88/2

= 84,5

• Mean (rata-rata)

= 65 + 66 + 78 + 79 + 81 + 88 + 89 + 90 + 92 + 92/10

= 82

Jawaban:

•Median=84,5.•Mean=82.•Modus=92.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

•Median adalah nilai tengah.•Mean adalah rata-rata. •Modus adalah nilai yang sering muncul.

Jawaban dan caranya ada digambar⬆️.

➡️Mapel:Matematika.➡️Kelas:6.➡️Kata Kunci:Berkaitan dengan menghitung mean,median,dan modus. Belajarlah dengan giat#Semoga membantu!!❤

2. Berikut adalah data nilai matakuliah Pengantar Statistik Sosial 40 Mahasiswa FISIP-UT Tabel 1. Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT 80 84 90 70 90 87 81 74 91 97 88 73 92 88 85 88 72 79 75 66 65 90 89 63 83 90 86 68 87 73 92 93 63 68 70 85 89 78 84 70 Soal: Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan. (3) Hitung Nilai Median, Rata-Rata dan Modus.


Statistik

Tabel Distrbusi F
Lihat Lampiran



3. Tugas.1 Tugas 1 Berikut adalah data nilai matakuliah Pengantar Statistik Sosial 40 Mahasiswa FHISIP-UT Tabel 1. Data 40 mahasiswa Pengantar Statistik Sosial FISIP-UT 80 84 90 70 90 87 81 74 91 97 88 73 92 88 85 88 72 79 75 66 65 90 89 63 83 90 86 68 87 73 92 93 63 68 70 85 89 78 84 70 Soal: Lakukan penyederhanaan terhadap data kuantitatif di atas dengan cara (1) menentukan banyaknya kelas dan (2) menentukan interval kelas yang akan digunakan. Setelah banyaknya kelas dan interval kelas diketahui, coba Anda kelompokkan data pada tabel 1 ke dalam bentuk tabel 2 berikut ini: Tabel 2 Kelas ke- Interval/Batas Nyata Kelas Frekuensi Persentase/Frekuensi relatif Data .... Data .... Data .... Data .....


Data nilai mata kuliah Pengantar Statistik Sosial dari empat puluh mahasiswa tersaji pada tabel 1. Tabel tersebut disederhanakan dengan kelas sebanyak 6 dan interval kelas sebagai berikut:

63-6869-7475-8081-8687-9293-98

Penyajian tabel 2 sesuai format yang diberikan soal dapat dilihat dalam penjelasan di bawah.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui:

data nilai mata kuliah Pengantar Statistik Sosial (40 mahasiswa):

80 84 90 70 90 87 81 74

91 97 88 73 92 88 85 88

72 79 75 66 65 90 89 63

83 90 86 68 87 73 92 93

63 68 70 85 89 78 84 70

Ditanya: k, interval kelas, tabel 2 berisi: kelas ke-, interval/batas nyata kelas, frekuensi persentase/frekuensi relatif

Jawab:

Mari hitung banyaknya kelas atau nilai k dengan aturan Sturges.

k = 1+3,322·㏒(n) = 1+3,322·㏒(40) ≈ 6,32 ≈ 6

Untuk menentukan interval-interval kelas, hitung nilai jangkauan dan panjang kelas.

J = data terbesar-data terkecil = 97-63 = 34

p = J/k = 34/6 = 5,67 ≈ 6

Dari sini, dapat ditentukan interval-interval setiap kelas sebagai berikut (menambahkan data terkecil dengan p-1, kemudian berlanjut ke nilai batas atas+1 pada kelas sebelumnya menjadi batas bawah pada kelas yang baru, begitu seterusnya sampai kelas terakhir):

63-6869-7475-8081-8687-9293-98

Tabel 2 memiliki interval atau batas nyata kelas. Ini merupakan pengurangan setengah dari batas bawah tiap kelas dan penambahan setengah dari batas atas tiap kelas. Interval atau batas nyata kelasnya akan menjadi sebagai berikut:

62,5-68,568,5-74,574,5-80,580,5-86,586,5-92,592,5-98,5

Lalu, hitung frekuensi nilai setiap kelas.

62,5-68,5: 668,5-74,5: 774,5-80,5: 480,5-86,5: 786,5-92,5: 1492,5-98,5: 2

Dari nilai-nilai frekuensi tiap kelas, ubah menjadi persentase dengan membaginya dengan banyaknya nilai, yaitu 40.

62,5-68,5: 6/40×100% = 15%68,5-74,5: 7/40×100% = 17,5%74,5-80,5: 4/40×100% = 10%80,5-86,5: 7/40×100% = 17,5%86,5-92,5: 14/40×100% = 35%92,5-98,5: 2/40×100% = 5%

Terakhir, buat tabel 2 berdasarkan format yang diberikan.

Kelas ke-     Batas Nyata Kelas     Frekuensi Relatif

     1                    62,5-68,5                        15%

     2                   68,5-74,5                       17,5%

     3                   74,5-80,5                        10%

     4                   80,5-86,5                       17,5%

     5                   86,5-92,5                        35%

     6                   92,5-98,5                         5%

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Membuat Tabel Distribusi Frekuensi https://brainly.co.id/tugas/10789913

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


4. Apa kriteria dari statistik sosial?


Statistik sosial merupakan statistik yang diterapkan / digunakan didalam ilmu sosial.
Kriteria : objektif, representatif, up to date, relevan dll

5. apa tugas Badan pusat statistik


Melaksanakan tugas pemerintahan dibidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan.mendata para penduduk melakukan survey terkait

6. tugas dari biro pusat statistik adalah.


melaksanakan tugas pemerintah di bidang kegiatan statisik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

7. Apa hubungan hipotesis dengan statistik sosial?


Hipotensi adalah tekanan darah rendah. Jika banyak penduduk yg mengalami hipotensi, maka kemungkinan hidup penduduk juga sedikit. Dan tentunya itu juga akan mempengaruhi statistik sosial.

#SemogaMembantu

8. jelaskan manfaat statistik dalam penelitian sosial


memudahkan kita untuk membuat pendataan yg sedang kita teliti

9. tugas statistik jawablah​


Jawab:

Keterangan : X = data ke-

Data urut:

5,5,5,6,6

6,6,7,7,7

7,7,8,8,8

9,9,10,10,10

Banyak data = 20 data

Jumlah data = 146 nilai

Rata rata / mean = 7,3

Median data = X10,5 [ 7 ]

Modus = 7 [ 5 data ]

Gambar Diagram dibawah

Semoga bisa membantu


10. Jelaskan manfaat statistik dalam penelitian sosial


Penelitian sosial adalah sebuah kegiatan penelitian ilmiah yang bertujuan mempelajari isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan manfaat statistik dalam penelitian sosial. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

DALAM SEBUAH PENELITIAN SOSIAL, STATISTIK DAPAT MEMBERIKAN BERBAGAI MANFAAT YAITU:

- ALAT YANG DAPAT MEMBANTU MENERANGKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT YANG TERJADI ANTARA BEBERAPA VARIABEL ATAU PARAMETER YANG BERBEDA

- MENYAJIKAN INFORMASI ATAU DATA RUJUKAN YANG DIPERLUKAN OLEH PIHAK PENELITI

- MENYAJIKAN WAWASAN MAUPUN TEKNIK BAGI PIHAK PENELITI YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENYAJIKAN DAN MENGKLASIFIKASIKAN DATA

- MENYAJIKAN DATA AGAR LEBIH MUDAH DIPAHAMI SELURUH KALANGAN

- MEMBANTU PIHAK PENELITI DALAM MENYUSUN SEBUAH SIMPULAN YANG SESUAI DENGAN ISI DAN HASIL PENELITIAN YANG TELAH DILAKUKAN

Pelajari lebih lanjut

Pada kesempatan ini, kamu dapat belajar tentang statistik:

https://brainly.co.id/tugas/14826812

Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 12 - Menulis karya ilmiah

Kode kategori: 9.1.12

Kata kunci: manfaat, statistik, penelitian sosial


11. Tugas 1 ut manajemen proyek​


Jawaban:

Definisi proyek. Tahap awal yang harus dilakukan dalam proses manajemen proyek, yaitu pendefinisian proyek itu sendiri. ...

Inisialisasi proyek. ...

Perencanaan proyek. ...

Pelaksanaan proyek. ...

Pemantauan dan pengendalian proyek. ...

Penutupan proyek.

Penjelasan:

mohon maaf jika ada yang salah

Jawaban:

50-5

Penjelasan:

45

45

45

45

45

45

45

45

45


12. apakah perbedaan kategori sosial dan kategori statistik​


Jawaban:

kategori/kelompok sosial adalah Kelompok yang para anggotanya memiliki kesadaran akan kesamaan jenis serta hubungan sosial di antara warganya, tetapi tidak mengenal organisasi, oleh Biersted disebut sebagai kelompok sosial.

sedangkan kategori statistik Bentuk terakhir dari kelompok adalah kategori atau kelompok statistik, yaitu kelompok yang terdiri atas orang-orang yang memiliki kesamaan jenis (misalnya jenis kelamin, umur, pekerjaan, dan sebagainya), tetapi tidak memiliki satu pun dari tiga kriteria kelompok menurut Biersted.


13. Apa pentingnya kita belajar ilmu statistik sosial?


Jawaban:

Untuk membantu dalam membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang dianalisis. ... Untuk membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut yang nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

JAWABAN:

agar kita semakin pintar


14. . Jelaskan manfaat statistik dalam penelitian sosial!


Manfaat Statistika

1. Mendapatkan gambaran mengenai suatu fenomena tertentu dengan lebih sederhana melalui ukuran-ukuran statistik.

2. Mampu mengambil kesimpulan dengan tingkat kepercayaan tertentu berdasarkan sampel dari populasi.

3. Dapat melakukan efisiensi biaya melalui sampling.

4. Dapat membuat pemodelan dari sebuah permasalahan.

5. dapat mengetahui apa saja faktor yang berhubungan dengan sebuah permasalahan.

6. dapat mengetahui efek dari sebuah variabel

7. Dapat melakukan peramalan data untuk masa mendatang.


15. Apa hubungan hipotesis dengan statistik sosial?


Di analisis statistik kan ada hipotesis hipotesis penelitian, pada saatnya akan diuji dengan menggunakan metode statistik, perlu diterjemahkan dalam bentuk simbolik. Simbol-simbol yangdigunakan dalam rumusan hipotesis statistik adalah simbol-simbol parameter. Parameter adalah besaran-besaran yang apa pada populasi.

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Tugas 3 Pengantar Statistik Sosial - Ut"